PERSYARATAN ISO 37001

ISO 37001 adalah standar internasional yang berfokus pada sistem manajemen anti-penyuapan. Persyaratan utama untuk mencapai sertifikasi ISO 37001 meliputi beberapa komponen penting:

1. Kebijakan Anti-Penyuapan

Organisasi harus memiliki kebijakan tertulis yang menetapkan komitmen mereka untuk mencegah penyimpangan korupsi dan memberlakukan sanksi terhadap pelanggar.

2. Kepemimpinan dan Keterlibatan Puncak

Pemimpin organisasi harus secara aktif terlibat dalam mempromosikan budaya anti-penyuapan dan menunjukkan komitmen pribadi mereka terhadap implementasi standar ini.

3. Evaluasi Risiko Penyuapan

Organisasi harus melakukan evaluasi risiko secara sistematis untuk mengidentifikasi potensi bahaya dan kerentanan terhadap korupsi dalam operasi mereka.

4. Pengendalian Operasional

Langkah-langkah pengendalian harus diimplementasikan untuk mengurangi risiko penyuapan, termasuk prosedur yang jelas untuk pelaporan dan investigasi potensi penyalahgunaan.

5. Pelatihan dan Kesadaran

Pelatihan reguler harus diberikan kepada karyawan untuk meningkatkan kesadaran mereka terhadap bahaya korupsi, serta cara untuk menghindari dan melaporkan praktik yang mencurigakan.

6. Komunikasi dan Kemitraan

Organisasi perlu berkomunikasi secara terbuka dengan semua pihak terkait, termasuk pemasok, kontraktor, dan pemangku kepentingan lainnya, tentang komitmen mereka terhadap standar anti-penyuapan.

7. Monitoring dan Tinjauan

Sistem manajemen anti-penyuapan harus secara teratur dimonitor, dievaluasi, dan ditinjau ulang untuk memastikan efektivitasnya dalam mencegah korupsi.

8. Investigasi dan Tindakan Perbaikan

Organisasi harus memiliki prosedur untuk menyelidiki insiden yang terkait dengan korupsi dan mengambil tindakan perbaikan untuk mencegah kejadian serupa di masa depan.

9. Pemantauan dan Audit

Audit internal dan eksternal perlu dilakukan untuk memverifikasi kepatuhan terhadap standar ISO 37001 dan menilai efektivitas sistem manajemen anti-penyuapan.

10. Dokumentasi

Semua kegiatan terkait dengan sistem manajemen anti-penyuapan, termasuk kebijakan, prosedur, pelatihan, dan audit, harus didokumentasikan dengan baik dan mudah diakses.

Kesimpulan

Memenuhi persyaratan ISO 37001 membutuhkan komitmen yang kuat dari puncak hingga bawah dalam organisasi untuk memastikan bahwa praktik anti-korupsi terintegrasi dengan baik dalam semua aspek operasional. Implementasi yang efektif dari standar ini tidak hanya membantu melindungi organisasi dari risiko hukum dan reputasi, tetapi juga membangun kepercayaan di antara pemangku kepentingan dan mendorong pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

ISM STANDAR GRAHA VIRTO, RUKO GALAXI BUMI PERMAI J1 NOMOR 23A-25  Semolowaru  –Sukolilo , Kota Surabaya – Jawa Timur Phone : 087877112117 Whatsapp : 087877112117
Email : ism.standar@gmail.com www.ismstandar.co.id